Friday, 19 March 2010

LABSCHOOL CINERE

Sejarah

Nama Labschool yang melekat pada segenap institusi yang bernaung dibawah Yayasan Pembina UNiversitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) memiliki makna sejarah didalamnya. Labschool sebuah nama sekolah yang telah hadir, berprestasi, dan ,mengisi lembar sejarah pendidikan Indonesia.
Bermula dari sekolah teladan yang didirikan tanggal 12 Februari 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik mengajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan.
Pada tahun 1972 misi Laboratory School telah dianggap selesai. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Ketrampilan (Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan & Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan.
Comprehensive School atau proyek TPK ternyata tak berlangsung lama. Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Di tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji cob aide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional. Sekolah PPSP berlangsung selama dua belas tahun. Tahun 1986 proyek ini berakhir. Dengan berakhirnya proyek tersebut, maka berganti pula nama sekolah-sekolah yang dibawah naungan IKIP Jakarta ini. SD, SMP, dan SMA eks PPSP IKIP Jakarta berganti nama menjadi SD Negeri Komplek IKIP Jakarta, SMP Negeri 236, dan SMA Negeri 81. adapun TK-nya masih tetap berstatus swasta dengan nama TK IKIP Jakarta.


Pada tahun 1992, SMP Negeri 236 berpindah lokasi ke jalan penggilingan komplek PIK Cakung. Sementara SMA Negeri 81 berpindah lokasi ke Komplek Kodam Cipinang Melayu. Sebagai gantinya, atas permintaan masyarakat, mulai tahun pelajaran 1992/1993 Yayasan Pembina IKIP Jakarta membuka SMP dan SMA IKIP Jakarta dengan SK Kanwil P dan K DKI No. Kep. 854 P/I01.a1/1/93 dan No. Kep 853 A/I01.a1/1/93 masing-masing tertanggal 15 Maret 1993. berikutnya, seiring perluasan mandate dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, TK, SLTP, SMU IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMU Labschool.
Selanjutnya, berdasarkan Izin Kanwil Depdiknas DKI Jakarta No. Kep. 047/I01.G/PP/2001 dan No. Kep. 048/I01.G/PP/2001 telah didirikan SLTP dan SMU Labschool Kebayoran yang peresmiannya dilaksanakan 12 Juli 2001. pendirian Labschool Kebayoran ini sebagai upaya layanan pendidikan yang lebih luas kepada masyarakat setelah suksesnya penyelenggaraan Labschool Jakarta yang berlokasi di Rawamangun. Seiring berjalannya waktu, sebagaimana pendahulunya yang berada di Rawamangun, SMP-SMA Labschool Kebayoran pun tumbuh dan berkembang menjadi sekolah yang berprestasi dan diminati masyarakat luas.
Terkesan dengan keberhasilan layanan Labschool Jakarta dan Labschool Kebayoran, Yayasan Dian Ilmu menyampaikan minat untuk menjalin kerjasama dengan Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta. Hasrat kerjasama untuk mengembangkan sekolah yang memiliki kualitas yang sama dengan Labschool Jakarta maupun Labschool Kebayoran pun bersambut baik dengan tindak lanjut berupa perjanjian kerjasama pada tanggal 24 Maret 2003 dalam mengelola sekolah-sekolah yang berlokasi di wilayah Depok Jawa Barat tersebut dengan nama SMP-SMA Labschool Cinere.
Dari paparan kronologis perjalanan sekolah-sekolah yang semula berlokasi di komplek Universitas Negeri Jakarta diatas, menunjukkan bahwa KB, TK, SMP, dan SMA Labschool bukanlah sekolah yang sama sekali baru, melainkan kelanjutan dari sekolah-sekolah yang telah mempunyai akar tradisi selama lebih dari 36 tahun dengan reputasi yang baik dan membanggakan.

No comments: